https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
Gaya Bahasa dan Nilai Pendidikan dalam Cerita Bersambung Gurunadi Karya Ismoe Rianto pada Majalah Panjebar Semangat Tahun 2014 | Rohyati | ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Gaya Bahasa dan Nilai Pendidikan dalam Cerita Bersambung Gurunadi Karya Ismoe Rianto pada Majalah Panjebar Semangat Tahun 2014

Ahad Rohyati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan gaya bahasa yang ada dalam Cerita bersambung Gurunadi karya Ismoe Rianto dan  (2) mengetahui jenis nilai pendidikan yang ada dalam cerita bersambung Gurunadi karya Ismoe Rianto.Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Cerita Bersambung “Gurunadi” karya Ismoe Rianto, dan data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan dalam Cerita Bersambung “Gurunadi“ karya Ismoe Rianto berupa dialog-dialog yang didalamnya terdapat penggunaan gaya bahasa. Selain itu, juga berupa berupa kutipan-kutipan dialog yang mengandung nilai pendidikan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan teknik simak catat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah human instrument yang dibantu buku tentang sastra dan cerita bersambung serta kartu pencatat data. Teknik analisi data yang digunakan adalah metode analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Cerita Bersambung “Gurunadi“ karya Ismoe Rianto mengandung gaya pendidikan dan nilai pendidikan, gaya bahasa yang digunakan antara lain yaitu gaya bahasa retoris yang terdiri dari asidenton (1 data) dan hiperbola (9 data), gaya bahasa kiasan yang terdiri dari persamaan/simile (8 data), personifikasi (6 data), metonimia (9 data), epitet (5 data). Dan nilai pendidikan yang terdapat dalam Cerita Bersambung “Gurunadi“ karya Imoe Rianto antara lain nilai pendidikan agama (2 data), nilai pendidikan sosial (6 data), nilai pendidikan budaya (6 data), dan nilai pendidikan moral yang berhubungan dengan Tuhan (2 data), nilai pendidikan moral yang berhubungan dengan sesama manusia (12 data), dan nilai pendidikan moral yang berhubungan dengan diri sendiri (14 data).

 

Kata kunci: gaya bahasa, cerita bersambung Gurunadi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.